Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Perbedaan YM dengan SKYPE


         Salam super bagi rekan-rekan saya, pada kesempatan hari ini saya ingin berbagi informasi tentang perbedaan aplikasi komunikasi antara SKYPE dengan YM. Untuk lebih jelasnya, CHECK IT OUT.. !!.

    A. YAHOO MESSENGER ( YM )
        Yahoo! Messenger merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo! . Yahoo! Messenger salah satu aplikasi yang Open Source dan dapat diakses dengan menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! Lainnya seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat e-mail.
        Yahoo! Messenger telah menjadi alat komunikasi online dan populer, memungkinkan semua pengguna Yahoo! dapat berbicara satu sama lain melalui layar computer yang terhubung dengan jaringan internet. Para pengguna dapat berbicara pada waktu yang sama dengan mengetikkan teks pada keyboard. Setiap pengguna dapat chating secara pribadi dengan pengguna lain, dengan membuka pop up. Pengguna juga dapat masuk ruang Yahoo!  chat dan melihat apa yang dikatakan semua orang disana. 
        Yahoo! Messenger dijalankan oleh IRC (Internet Relay Chat) yang berarti bahwa pengguna dapat melakukan konferensi atau berbicara dengan cara yang sinkron. IRC dianggap sebagai protocol terbuka yang meliputi menggunakan TCP dan TLS. Yahoo! Messenger terus berkembang dengan menawarkan pengguna yahoo kesempatan untuk chatting dengan pengguna lain dalam berbagai kelompok usia, latar belakang budaya yang berbeda, hobi yang berbeda dan lain sebagainya.

         Banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan oleh Yahoo! Messenger dan mempunyai fungsi masing-masing diantaranya seperti dibawah ini :
    ·         Emoticon           : Ekspresikan perasaan dengan animasi wajah.
    ·         Audibel              : Mengirim karakter animasi yang bisa berbicara untuk menghidupkan percakapan.
    ·         IMVironment     :  Hidupkan suasana dengan latar belakang bertema yang interaktif di jendela  percakapan.
    ·         Webcam           :  berbagi video secara live.
    ·         Transfer file       :  kirim file dengan cepat sambil ber-YM.
    ·         Yahoo! Search  : Mulai pencarian di web langsung dari jendela Yahoo! Messenger Anda.

    B. SKYPE
         Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost(P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.
         Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.
         Fitur SKYPE antara lain :
    1. Skype calling – Skype memiliki banyak fitur dalam ordinary phone sehingga itu menjadikan lebih mudah untuk mengatur dalam hal pemanggilan.
    2. Video calling – melihat dengan siapa berbicara pada waktu yang sama.
    3. Add Skype dan kontak SkypeOut - menambah kontak untuk seseorang yang menggunakan Skype dan yang menggunakan ordinary phone sehingga dapat melakukan pemanggilan kepada banyak orang.
    4. Organising groups – kontak sebuah group/kelompok disertai nama dan membagi kepada 
     mereka nomor kontak sehingga mereka dapat berbicara juga.
    5. Basic chat dan emoticons – digunakan ketika tidak dapat melakukan pemanggilan, chat 
     atau Instant Message (IM) dengan mudah saat berkomunikasi dengan orang lain.
    6. Group chat – digunakan ketika melakukan chat atau Instant Message (IM) kepada semuat teman lebih mudah pada waktu yang sama.
    7. Profile settings – merubah bagaimana muncul ke dunia dan bagaimana orang mengetahui tentang kita.
    8. Conference calling – berbicara kepada seluruh teman pada waktu bersamaan.
    9. Import contacts – pencarian pada address book untuk menemukan teman dan keluarga 
    yang memiliki sebuah nama Skype dan memulai melakukan pembicaraan secara gratis.
    10. View Outlook contacts – lihat dan pemanggilan Microsoft Outlook secara cepat dan 
    langsung dari daftar kontak Skype.
    11. Quickfilter dan Speed-Dial – menemukan kontak Skype, chat dan kontak SkypeOut secara cepat dan  lebih mudah, kemudian memasukan nama Skype mereka untuk proses pemanggilan kembali secara cepat.

         Sekian informasi dari saya mengenai perbedaan aplikasi komunikasi antara YM dengan SKYPE.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728