Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Paradigma Kecerdasan Spiritual


               Kecerdasan merupakan sebuah anugerah dari Allah SWT yang dilimpahkan kepada manusia untuk mampu melakukan sesuatu hal yang berkenaan dengan pola pikir untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan spiritual  merupakan hal yang berkenaan dengan inspirasi atau pola pikir kita terhadap keagamaan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi, kecerdasan spiritual adalah pola pikir yang diberikan Allah SWT kepada kita dalam rangka mencapai sebuah tujuan yang diridhoi / atas kehendak Allah SWT.
                Dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa dipungkiri bahwa tanpa disadari kita pun juga memiliki kekuatan spiritual yang mampu membuat kita sukses dalam menghadapi suatu permasalahan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kecerdasan spiritual tiap-tiap individu pun berbeda-beda, oleh karena itu marilah perbedaan ini kita satukan persepsi dengan kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena Allah SWT merupakan Maha Segala Sesuatu-Nya, Maka dari itu kita mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk meminta sedikit saja kecerdasan untuk memajukan baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara yang sesuai dengan kehendak Allah SWT.
                Kecerdasan spiritual mempunyai peran penting bagi manusia, karena tanpa adanya kecerdasan dan spiritual banyak manusia tersesat ke jalan yang tidak semestinya ia lewati sebab ia tidak memiliki bekal kecerdasan spiritual. Maka dari itu, kecerdasan spiritual berperan penting untuk merubah pola pikir manusia menjadi lebih mulia dan lebih baik dari sebelumnya dengan mengaplikasikannya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
                Kecerdasan spiritual juga bisa menghantarkan kita menuju kebahagiaan. Karena dengan kita memiliki sebuah kecerdasan dengan dilandasi spiritual maka akan menghasilkan sebuah hal yang akan menghasilkan, dan hasil itulah yang nantinya akan memberikan kita sebuah kebahagiaan yang hakiki dengan karunia Allah SWT.
                Berikut ini juga ada beberapa faktor yang mampu mendapatkan sebuah kebahagiaan, antara lain :
                1. Materi
                Materi merupakan unsur penting dalam mencapai sebuah tujuan yaitu kebahagiaan, materi dapat kita peroleh dengan adanya suatu kecerdasan tersebut.
                2. Spiritual
                    Spiritual juga memberikan unsur penting dalam mencapai kebahagiaan, karena    spiritual ini merupakan hubungan kita kepada Allah SWT untuk mendekatkan diri kepada-Nya serta memohon dan meminta supaya mampu diberikan kemudahan untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki baik di dunia maupun di akhirat.
                3. Kesehatan
                    Kesehatan ini juga merupakan pondasi yang utama dalam mencapai suatu            kebahagian,karena tanpa adanya kesehatan, kecerdasan kita pun akan terhambat,sehingga nantinya hasil yang kita peroleh kurang maksimal, sebagai contoh : kita kaya, apabila kita mempunyai gangguan kesehatan maka lama kelamaan harta yang  kita peroleh selama ini berkurang karena untuk membiayai kesehatan kita. Oleh karena itu, menjaga kesehatan juga penting bagi manusia.
                Untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dapat dilakukan dengan upaya sebagai berikut :
                1. Dengan belajar bersungguh-sungguh dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk      mencari kecerdasan yang diridhoi Allah SWT yang nantinya akan membuat kita mencapai sebuah tujuan yaitu kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.
                2. Dengan meningkatkan ibadah kita, karena dengan meningkatkan ibadah kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT Sang Maha Segala, Insyaallah kita akan             diberikan kecerdasan spiritual yang benar-benar hakiki.
                3. Dengan berusaha dan berikhtiar, dengan kita berusaha maka kecerdasan spiritual kita akan bekerja untuk melakukan hal-hal yang bernilai positif dan mengahasilkan         kebaikan kepada orang-orang disekeliling kita yang membutuhkan kita, dan apabila kita sudah melakukan suatu usaha tersebut maka langkah selanjutnya adalah dengan kita berikhtiar atas usaha yang kita lakukan semoga diridhoi Allah SWT dan ditingkatkan kecerdasan spiritual kita oleh Allah SWT dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
                    

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728